Tugas

Nama:Seni Nurhayati

Kelas: X Upw 2

                            Provinsi Papua

1.Gambaran Umum
Sejarah Papua
Permukiman manusia diperkirakan telah mulai antara 42.000 dan 48.000 tahun yang lalu. Perdagangan antara Pulau Papua dan pulau-pulau Indonesia yang berdekatan terdokumentasi sejak abad ketujuh, dan kekuasaan nusantara di Pulau Papua sampai dengan abad ke-13. Belanda mengklaim wilayah tersebut dan mulai pekerjaan misionaris pada abad kesembilan belas. Wilayah ini dimasukkan ke dalam Republik Indonesia pada tahun 1960-an. Menyusul mulainya reformasi di seluruh Indonesia tahun 1998, Papua dan provinsi-provinsi di Indonesia lainnya mendapat otonomi daerah yang lebih besar. Pada 2001, status "Otonomi Khusus" diberikan kepada wilayah ini, walaupun sampai saat ini, pelaksanaannya bersifat parsial.Wilayah ini terbagi menjadi Provinsi Papua dan Papua Barat pada tahun 2003.

Letak Geografis
Provinsi Papua dengan luas 31.7062 Km2, terletak diantara 130  - 141 Bujur Timur dan 225' Lintang Utara - 9 Lintang Selatan.

Ekonomi Papua
Ekonomi Papua bertumpu pada sektor penambangan. Menurut Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) pada 2018, kondisi ekonomi diPapua dan Papua Barat kian membaik. Pembangunan di Provinsi Papua danPapua Barat secara masif dilakukan sejak tahun 2002.

Sistem Pemerintahan di Papua

Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia di tahun 1999 dan 2000 memutuskan untuk memberikan status Otonomi Khusus kepada Provinsi Papua. Provinsi Papua adalah gabungan dari Provinsi Papua Barat dengan ProvinsiPapua yang keduanya mendapatkan Otonomi Khusus.

 Lukas Enembe ,S.IP,MH Gubernur Papua

Klemen Tinal,S.E., M.M. Wakil Gubernur Papua

2.Potensi Wisata

Wisata Alam
Taman Nasional Lorentz
Ini Eksotisnya Taman Nasional Lorentz, Wajib Disambangi!
Taman Nasional Lorentz adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Papua, Indonesia. Dengan luas wilayah sebesar 2,4 juta Ha; Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Taman ini masih belum dipetakan, dijelajahi dan banyak terdapat tanaman asli, hewan dan budaya.
Penunjukan internasional: Situs Warisan Dunia Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa

Pintu masuk: Enarotali, Wamena, Timika
Harga:Rp.20.000
Jam buka:24 jam
Berada di provinsi: Papua
Kegiatan: Mendaki, Pariwisata berbasis budaya, Pengamatan satwa liar

Wisata Buatan.

Desa Sauwandarek, Kampung Wisata di Sekitar Raja Ampat



Desa Sauwandarek masih berada di kawasan Kabupaten Raja Ampat,tepatnya di Meos Mansar. Selain wisata bawah laut, terdapat spot wisata lain seperti kolam di dalam tebing, Kalibiru di tengah pedalaman dan wisata burung. Tarif yang dikenakan beragam, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 150.000.

Wisata Budaya

Festival Danau Sentani

Dunia Kenal Papua Melalui Festival Danau Sentani
Festival Danau Sentani (FDS) ke-3 tahun 2010 digelar di Pantai Kalkhote, salah satu kawasan wisata menarik di bibir pantai Danau Sentani, Kabupaten Jayapura yang terletak sekitar 30 km utara Kota Jayapura mulai Sabtu, 19 Juni 2010.Harga tiket Danau Sentani sekitar Rp10 ribu saja. Namun, tarif bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung hari berkunjung. Sedangkan, untuk sewa mobil, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp650 ribuan.
3.Something to do

Menelisik catatan-catatan sejarah purba
Mendaki, Pariwisata berbasis budaya, Pengamatan satwa liar
Mempelajari tradisi masyarajat Raja Ampat

Something to see?
-Keindahan potensi alam dipapua
-Sejarah sejarah dipapua

Something to buy?
Batik Papua
Noken.
Sarang Semut.
Ukiran Kayu.
Abon Gulung.
Martabak Sagu.
Keripik Keladi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR DARI PANDEMI COVID-19